Berita Utama Kiprah Santri

Makam Mbah Busro Kraton Pasuruan Destinasi Sebagai Wisata Relegi

Pasuruan (suarasantri.net) 20/3

Warga Kraton kecamatan Kraton kabupaten Pasuruan jawa timur setiap tahun menggelar Haul mbah Busro yang disebut sebagai babat alas dan tokoh penyebar agama islam diwilayah kraton.

Acara ini digelar setiap tahun pada bulan safar oleh warga desa Kraton kecamatan kraton kabupaten Pasuruan.pada tahun 2019 akan selesai pemugaran makam mbah Busro yang rencananya akan di lakukan istighotsyah pada tanggal 23 maret 2019 jam 19.30 wib bakdo isyak di sekitar makam mbah busro.

Wafat mbah Busro pasti tidak ada yang tahu karena makam yang terletak di makam pojok desa itu sudah ada sejak kecil “ujar mahfut warga kraton.

Warga kraton menyakini bahwa mbah Busro adalah tokoh masyarakat penyebar agama islam yang di kraton ,menuurut cerita dulu jaman Belanda makam mbah Busro ini sudah ada . Ketika mau buat jalan Rel kereta api di buat lurus dari Tambakrejo desa sebelah barat tidak melihat. Setelah di dekati ternyata ada makam sehingga rel Kereta jurausan bangil pasuruan terpaka di buat agak belok.

Menurut Imam Subagio sekretaris MWC NU kraton , “mabah Busro ini adalah santri pejuang yang selama ini tidak didata sehingga keberadaan makamnya ini tidak masuk dalam makam wisata relegi. Oleh karena itu Houl mbah busro ini awalnya di adakan oleh pengurus GP. Ansor, kemudian di lanjutan oleh masyarakat sekitar.” katanya.

Menurut cerita nya warga setempat mbah Busro ini pendatang dari ponorogo dan meninggal kemudian dimakam disini tetapi persisnya tidak banyak yang tahu. Tetapi ada yang mengatakan bahwa mbah Busro masih kerabat Mustopo alm. Yang kini sudah wafat dan di makamkan juga dikomplek pemakaman itu.

Sementara Kang sobari Direktur komunitas Peduli lingkungan dan kelompok sadar Wisata Desa Kraton berharap pihak pemerintah kabupaten pasuruan melaui dinas Pariwisata bisa memberikan suport terhadap pengurus makam Mbah Busro Desa Kraton agar bisa dikenal melalui desa sadar wisata.(sob/wak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *